Sarapan Besar Tingkatkan Kesuburan Wanita

Pilih menu sarapan sehat. (istockphoto)

Pilih menu sarapan sehat. (istockphoto)

VIVAlife - Sarapan memiliki peran penting memberi asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk memulai aktivitas. Tidak hanya membangun energi dan meningkatkan kerja otak, lebih dari itu sarapan ternyata dapat meningkatkan kesuburan wanita. Hal ini diungkap sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Jerusalem and Tel Aviv University. 

Penelitian ini menyatakan bahwa sarapan dengan porsi besar memberi kemungkinan hamil pada wanita yang menderita sindrom ovarium polikistik atau polycystic ovary syndrome (PCOS), gangguan menstruasi yang menyerang sekitar 10 persen populasi wanita di usia repoduksi.

Wanita dengan PCOS biasanya mengalami resistensi atau kekebalan terhadap insulin. Akibatnya peningkatan hormon seks pria yang disebut androgen dapat merusak kesuburan wanita. 

Para peneliti mempelajari 60 wanita yang menderita PCOS di usia 25 dan 39 tahun selama 12 minggu. Masing-masing diminta untuk mengonsumsi 1800 kalori per hari. Setengah dari jumlah kalori tersebut harus dikonsumsi ketika sarapan, setengahnya lagi saat makan siang dan malam.

Hasilnya, tingkat ovulasi lebih tinggi ditemukan pada wanita yang menghabiskan sekitar 980 kalori saat sarapan. 

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Clinical Science ini, ketika sarapan dengan porsi yang lebih banyak, kadar glukosa dan resistensi insulin menurun sebesar delapan persen. Sedangkan tingkat androgen menurun hingga 50 persen. 

"Penelitian ini menunjukkan bahwa jumlah kalori yang dikonsumsi memang penting, tetapi waktu mengonsumsinya jauh lebih penting," ujar Profesor Oren Froy, pemimpin penelitian tersebut seperti dikutip thenewage. (ren)


http://us.life.viva.co.id/news/read/451199-sarapan-besar-tingkatkan-kesuburan-wanita
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger