Wanita, Lakukan Cara Ini untuk Cegah Kanker Payudara

Ilustrasi kanker payudara. (iStockphoto)

Ilustrasi kanker payudara. (iStockphoto)

VIVAlife - Kanker payudara. Penyakit mematikan bagi kaum hawa ini sering kali terlambat terdeteksi karena gejalanya yang samar. Bahkan sebagian penderita kanker baru berkonsultasi setelah melewati stadium lanjut. 

Indonesia pun tercatat di peringkat pertama sebagai negara dengan penderita kanker payudara terbanyak. Menurut data dari Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS) terdapat 8.227 kasus kanker payudara yang menyerang wanita per tahunnya. Untuk mencegah bertambahnya kasus ini, dikutip Health News berikut beberapa hal yang dapat dilakukan:

Hindari konsumsi alkohol

Berapapun takaran alkohol yang dikonsumsi tetap menyumbangkan risiko kanker payudara. Banyak dokter yang merekomendasikan agar berhenti mengkonsumsi wine, bir, dan alkohol lainnya. Wanita yang sering mengkonsumsi alkohol memiliki resiko 70% terkena kanker payudara.

Olahraga minimal 3 kali seminggu

Ketika berolahraga, berusahalah untuk membuat jantung berdetak lebih dari biasanya. Minimal 20 menit. Semakin Anda berkeringat karena berolahraga, semakin menyehatkan jantung dan mengurangi risiko kanker payudara.

Idealkan berat badan

Penelitian menunjukkan bahwa berat badan berlebih atau obesitas (terutama ketika anda telah mengalami menopause) menaikkan risiko kanker payudara. Wanita obesitas juga memiliki kemungkinan lebih tipis untuk bertahan hidup saat menderita kanker, dibandingkan wanita dengan berat badan ideal maupun kekurangan berat badan.

Periksa rutin setiap bulan 

Pastikan Anda mendapatkan instruksi dari dokter pribadi dan ulasan cara hidup sehat. Konsultasikan hal ini setiap bulannya pada dokter.

Mammogram setahun sekali setelah usia 40 tahun

Mengetahui keberadaan tumor sedari awal memberikan kesempatan untuk bertahan hidup secara signifikan. Selain itu, Mammogram (pemeriksaan X-Ray) merupakan cara tepat agar Anda dapat mengikuti perubahan dan perkembangan tubuh. (eh)


http://us.life.viva.co.id/news/read/450925-wanita--lakukan-cara-ini-untuk-cegah-kanker-payudara
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger