Warna-warni dalam Sepiring Nasi Goreng

Nasi goreng, mudah dibuat dengan berbagai variasi. (inmagine.com)

Nasi goreng, mudah dibuat dengan berbagai variasi. (inmagine.com)

VIVAlife - Meski berasal dari budaya Tionghoa, nasi goreng sudah dianggap makanan yang identik dengan Indonesia. Presiden Amerika Serikat Barack Obama pun mencarinya saat berkunjung ke negara ini.

Nasi goreng memang menu 'sejuta rakyat'. Pembuatannya mudah, dan bisa diolah dengan berbagai tambahan bahan makanan. Tak heran, ia banyak dimodifikasi.

Salah satu hasil modifikasi proses menggoreng nasi itu dijual di kawasan Panglima Polim, Jakarta Selatan. Ada sebuah pedagang kaki lima yang menjual nasi goreng berwarna-warni di sana. Pak Thole, nama pemilik lapak itu.

Nasi gorengnya tampak biasa. Yang membedakan hanya aneka warna di piring para pelanggannya. Mulai dari warna merah, kuning, hijau, sampai hitam ada di sana. Bahkan, seluruh warna itu bisa berada dalam satu piring sekaligus.

Thole menggunakan bahan-bahan alami untuk mewarnai nasi gorengnya. Warna hijau misalnya, didapat dari campuran sawi dan cabai hijau. Kunir memberi warna kuning, dan tinta cumi-cumi untuk warna hitam. Sepiring nasi goreng berwarna-warni itu, dihargai Rp13 ribu.

"Awalnya memang banyak yang nggak yakin, dikira pakai pewarna nggak aman. Saya suruh coba saja langsung. Ternyata rasanya enak, mereka suka," kata Thole.

Alhasil, pelanggannya makin banyak. Mereka tak hanya ingin mengisi perut, tetapi juga menikmati keceriaan warna-warni dalam sepiring nasi goreng. Inspirasi kuliner lainnya, bisa didapat melalui program Friends ANTV, setiap Senin-Jumat pukul 10.55. (umi)


http://us.life.viva.co.id/news/read/450287-warna-warni-dalam-sepiring-nasi-goreng
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger