Waspada, Penyakit Ini Mengintai Pengantin Baru

Ilustrasi pasangan bulan madu. (istockphoto)

Ilustrasi pasangan bulan madu. (istockphoto)

VIVAlife - Usai menjalani pernikahan impian, tak ada yang lebih bahagia selain berbulan madu. Namun, keindahan itu bisa berantakan ketika penyakit honeymoon cystitis datang. Dari namanya saja sudah jelas. Penyakit ini kerap mengintai pasangan pengantin baru.

Para wanita yang baru menikah harus mewaspadainya. Apa sesungguhnya honeymoon cystitis?

Sederhananya, ini sejenis infeksi organ intim wanita. Rasanya perih karena ada peradangan di saluran kemih bagian bawah. Frekuensi buang air kecil meningkat, disertai rasa seperti terbakar. Warna urin pun keruh, bahkan bisa merah. Nyeri dirasakan sampai tulang pubis. 

Mengutip laman Boldsky, penyakit ini kerap saat pertama kali berhubungan intim. Adanya gesekan kasar pada organ intim menimbulkan infeksi.

Diterangkan laman Meet Doctor, dr Femmy Nurul Akbar, SpPD menyebutkan penyakit ini juga disebabkan bakteri escherecia coli. Bakteri yang hidup di usus besar dan tertekan masuk ke saluran kencing. Perpindahan itu bisa disebabkan jari yang tidak bersih saat mencuci organ intim. Bisa pula organ intim yang tidak dibersihkan setelah berhubungan intim.

Untungnya, honeymoon cystitis masih bisa dicegah dan diobati dengan cara berikut:

- Pastikan kandung kemih kosong sebelum atau sesudah melakukan hubungan intim. Ini penting agar bakteri tak berpindah ke dalam saluran kemih. Buang air kencing setelah berhubungan seksual membantu membersihkannya. Bakteri akan ikut terbawa bersama urin.

- Perbanyak minum air putih. Minimal delapan sampai sepuluh gelas per hari. Dengan begitu, bakteri-bakteri yang ada di saluran kemih akan terus tergelontor keluar.

- Yang terpenting adalah; menjaga kebersihan organ intim. Usahakan memakai antiseptik dengan pH seimbang untuk strerilisasi. 


http://us.life.viva.co.id/news/read/448966-waspada--penyakit-ini-mengintai-pengantin-baru
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger